Kamis, 23 Februari 2012

Libur Lebaran :D

MINANG KABAU
Libur lebaran kali ini tidak seperti biasanya yang hanya di rumah haha. Tetapi kali ini mudik ke PADANG.. bener-bener nice trip deh. Yoa, Padang adalah kampung halaman orang tua saya. Ayah dan Ibu saya berasal dari Solok, Sumatera Barat. Karena sudah lama tidak ke Padang, maka kami sekeluarga berencana untuk pergi ke sana. Kami terakhir kali ke Padang kira-kira 10 tahun yang lalu. Maka dari itu kami berencana untuk pergi ke Padang untuk melepas rindu haha.
Kami pergi ke sana 8 orang, 7 orang keluarga saya, dan 1 orang lagi supir.
Kami berangkat mengendarai mobil. Ketika berangkat, adik saya 2 orang naik pesawat bersama keluarga Om saya. Karena jika naik mobil terlalu berdesak-desakan. Jadi total ada 6 orang yang naik mobil.
Kami memulai perjalanan ketika jam 4 sore. Pada saat jam setengah 8 malam, kami sudah hampir sampai di pelabuhan Merak, lalu berhenti sejenak untuk istirahat, sholat, dan makan, atau biasa disebut ISHOMA.
Lalu ketika jam 8 malam, kami memulai perjalanan kembali. Dan pada saat ngantri untuk menaiki kapal benar-benar memakan waktu yang cukup lama, kira-kira hampir memakan waktu 7 jam, dari jam 8 malam sampai jam 3 dini hari. Pada saat itu adalah puncaknya orang yang tinggal di pulau Jawa yang mudik ke pulau Sumatera.
Supir Saya, Saya, Ayah Saya, dan Adik Saya saling bergantian mengendarai mobil, agar tidak memakan waktu untuk istirahat.
Ketika sudah sampai di pulau Sumatera, kami menggunakan rute lintas Sumatera yang di jalur barat.
Yaitu Bakauheni -> Bandar Lampung -> Kotabumi -> Bukit Kemuning -> Martapura -> Baturaja -> Lahat -> Tebing Tinggi -> Lubuk Lingau -> Padang -> 'SOLOK'
Kami sampai di Solok pada hari senin siang. Berangkat dari Bogor Sabtu sore. Jadi lama perjalanan kira-kira selama 2 hari.
Pada saat sampai di Solok, kami langsung pergi ke rumah Adik Ayah saya, karena di keluarga Ayah dan Ibu saya yang tinggal di Padang hanya Adik Ayah saya. Rumah Adik Ayah saya disebelah rumah Nenek dan Kakek saya, tetapi keduanya telah berpulang ke Rahmatullah. Lalu setelah sampai sana kami semua istirahat setelah melalui perjalanan panjang.
Pada saat hari lebaran, kami silaturrahmi ke rumah-rumah tetangga. Setelah selesai, kemudian sore harinya pergi ke kampung halaman Ibu saya, melewati danau singkarak. Di rumah Orang tua Ibu saya ditempati oleh saudara jauh Ibu saya. Karena Nenek saya sudah tinggal dan memiliki rumah di Bogor.
Ketika 1 hari setelah lebaran sodara-sodara dekat saya dan Nenek saya juga pulang ke Padang menaiki pesawat bersama kedua Adik saya #4 dan #5 (Anak nomor 4 dan 5), dan setelah semuanya sampai, kami semua kumpul di rumah Nenek saya. Kemudian ketika malam tiba, anak Nenek saya yang perempuan menginap di rumah, yaitu Ibu saya dan Tante saya. Sedangkan yang laki-laki menginap di rumah mertuanya masing-masing.
Di kota Padang, kami jalan-jalan ke pantai Air Manis, yaitu pantai yang ada batu malin kundang. Di sana juga bisa surfing lho haha asik parah. Pada saat 1 hari sebelum pulang ke Bogor, kami pergi ke Kota wisata Bukittinggi. Di sana banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Di bukittinggi kami menginap di hotel benteng, yaitu hotel yang dekat dengan benteng Fort De Kock. Di Bukittinggi kami jalan-jalan ke jam gadang, lobang jepang, ngarai sianok (lembah), benteng fort de kock, kebun binatang bukittinggi, dan lain-lain. Wah bener-bener kota wisata deh, banyak banget tempat wisatanya.
Keesokan harinya Saya #2, Kakak Saya #1, dan Adik Saya #3 diantar ke bandara untuk pulang ke Bogor  menggunakan pesawat. Karena kami ber-3 sudah akan mulai kuliah dan sekolah.
Beberapa foto di padang
Danau Singkarak

Surfing di Pantai Air Manis

Batu Malin Kundang
Lobang Jepang

Sekian dulu ya ceritanya hehe, banyak banget kalo diceritain semua.